Thursday, May 17, 2018

Ageing Population



Mozaik Penduduk Indonesia sampai Tahun 2100
Catatan Kecil Jousairi Hasbullah


TFR: 2,17  tahun 2015 dan 2,1 sejak tahun 2020
IMR: 17,13 di tahun 2015 turun mengikuti fungsi logistic dan sejak tahun 2030 turun 3 % per tahun.
Kosekuensi Ageing:
Persoanal achievement sudah hampir hilang: Income mulai menurun, kesehatan mulai menurun, pengetahuan mulai menurun, karena berkurangnya daya ingat. Akibatnya mulai hilangnya kemandirian  diikuti dengan mulai membesarnya ketergantungan baik secara ekonomi maupun non ekonomi.
Masyarakat Indonesia  telah memasuki fase transisi demografi tahap 3. Kehidupan semakin individual, banyak yang tidak menikah dan memilih hidup sendiri. Independensi dan privasi semakin menonjol. Support family menjadi semakin tergerus.
Ageing juga menghadapi situasi kehilangan daya support social, kehilangan network: kelompok ageing mulai merasakan kesepian, loneliness. Inilah awal dari rasa cemas, frustasi dan sejenisnya bahkan depresi.
Apa yang Harus Dilakukan: membangun masyarakat yang peduli ageing; menyediakan fasilitas social yang memadai bagi kaum ageing/manula; menyediakan lapangan kerja produktif, mempertahankan extended family dengan nilai-nilai agama, Social protection yang layak. Menminimalkan loneliness, memaksimalkan happiness
Jakarta  Januari 2018
Sairi Hasbullah, Deputi Bidang Statistik Sosial BPS-RI


Tahun
Jumlah
Penduduk (juta)
Number of
Ageing
Population
65+
(juta)
Percentage of Ageing of
Total Population
65+ (%)
Young
Population
0-14 year
%

Note
2015
255,6
14,0
5,4 %
27,3%
Jepang tahun 2015 ageing pop nya telah mencapai25 % dan tahun 200 sebesar 17%
2017
261,8
15,0
5,6%
26,8%

2020
271,1
17,0
6,2%
26,1%

2045
321,1
48,0
15.0%
20.0%

2100
329,9
56,0
17-18%
18.0%
2080 total population 332,6 millions. Pertumbuhan minus terjadi mulai tahun 2073

No comments:

Post a Comment

Al Ghazali dan Kemunduran Umat

 Tentang Al Ghazali Oleh: Jousairi Hasbullah Tentang kemunduran Islam yg kita rasakan sampai saat ini, dalam pemahaman saya terkait dua h...